Di seluruh dunia, industri kreatif telah menjadi bagian penting yang terus berkembang dari ekonomi global, berfungsi sebagai penghubung kebudayaan, bisnis dan teknologi.

The British Council bekerja sama dengan pihak-pihak yang menaruh perhatian dengan industri kreatif di Indonesia – baik dari pemerintah maupun sektor swasta, untuk berbagi pengalaman dan praktik dalam sektor ekonomi kreatif dari Inggris di Indonesia. Program-program kami di Indonesia bertujuan untuk memperkuat kewirausahaan kreatif dan daya saing global.

Aktivitas-aktivitas kunci kami di indonesia termasuk:

  • Memorandum of Understanding (MoU) Ekonomi Kreatif: pada November 2012, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kini Kementerian Pariwisata) dan UK Ministry of Culture, Communicatons and Creative Industries  sepakat untuk bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sekaligus untuk mengadakan berbagai pelatihan  dan studi dalam area-area kreatif seperti musik, film, fesyen, arsitektur, desain, makanan dan sebagainya. MoU tersebut akan ditindaklanjuti oleh Kementerian dan British Council, yang akan membentuk kelompok kerja bersama untuk memformulasikan program-program dan beragam kegiatan untuk pengimplementasian perjanjian tersebut.

Kisah Sukses:

  • International Young Creative Entrepreneur of The Year Awards (IYCEY): Kami bermitra dengan industri kreatif global untuk mengidentifikasi pemain-pemain utama di sektor, bertindak sebagai katalis untuk pengembangan profesional mereka dan memfasilitasi kemitraan dengan Inggris di masa depan. Penghargaan IYCEY kami menawarkan kesempatan bagi 10 juara internasional setiap tahunnya untuk menghadiri pameran kreatif, bertemu dengan para pemimpin industri, dan bersaing untuk hibah proyek di Inggris. Indonesia menjadi satu-satunya negara di seluruh dunia yang diundang untuk bersaing di semua empat penghargaan IYCEY di musik, desain, film, dan fashion.

Pembangunan Kapasitas

ELEVATE

ELEVATE bertujuan untuk membangun komunitas global yang terdiri dari para pemecah masalah, yang akan menemui tantangan-tantangan di tataran praktis untuk mencari solusi-solusi inovatif.

Riset Kota Kreatif

Temuan-temuan dari hasil riset di program ini akan dibagikan dan bisa diakses oleh publik serta dapat digunakan sebagai bukti dari rekomendasi kebijakan informasi dan program tindakan bagi pemerintah.

Program Yogyakarta City Branding and Festival Management 

British Council mendorong inovasi di Promosi Seni dan Budaya Indonesia melalui program Yogyakarta City Branding & Festival Management programme

Informasi Lebih Lanjut

Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang sudah dilakukan British Council dalam sektor Ekonomi Kreatif untuk mendukung jaringan kami yang terdiri dari pengusaha kreatif, pemimpin budaya dan pembuat kebijakan serta penyedia peluang untuk terlibat.