By Tim UK/Indonesia 2016-18

28 Oktober 2016 - 18:09

Pentas Tesla Coil - XFMR oleh Robbie Thomson pada malam pembukaan UK/ID Festival 2016
Pentas Tesla Coil - XFMR oleh Robbie Thomson pada malam pembukaan UK/ID Festival 2016 ©

Yudika Nababan - Seputar Event

Minggu Pertama

Kami baru saja merampungkan dua minggu pertama Festival UK/ID 2016. Berawal di Bandung pada tanggal 18th Oktober dengan pementasan XFRMR (baca: Transformer), oleh seniman asal Glasgow Robbie Thomson, yang menggunakan koil Tesla untuk menghasilkan instalasi dan musik sonik.

Pementasan ini di ikuti oleh pemutaran film - film pendek BFI oleh Gerobak Bioskop. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, HMA Moazzam Malik, Paul Smith, Direktur British Council untuk Indonesia dan lebih dari 300 orang .

Robbie lalu sempat membawa karyanya ke Surabaya dan Yogyakarta dimana dia berkolaborasi dengan seniman setempat. Di Jakarta kami memulai program fesyen kami dengan Jakarta Fashion Week, dimana kami mengadakan catwalk, eksibisi dan diskusi mengenai fesyen.

Minggu Kedua

Minggu ini Festival UK/ID 2016 diawali dengan pertunjukan internasional pertama Rosalind, sebuah karya kolaborasi tari antara James Cousins Company dan penari - penari Korea Selatan yang berdasarkan karya Shakespeare As You Like It.

Menonton BFI shorts dengan Gerobak Bioskop di Pembukaan Festival UK/ID 2016 di Bandung
Menonton BFI shorts dengan Gerobak Bioskop di Pembukaan Festival UK/ID 2016 di Bandung, 18 Oktober 2016
Jo Elaine - Ara Jakarts, Tamsin Blanchard - Direktur Fitur Fesyen, Desainer: Richard Malone, Rosella May, Billie Jacobina dan Direktur Seni dan kreatif Ekonomi British Council - Adam Pushkin
Jo Elaine - Ara Jakarts, Tamsin Blanchard - Direktur Fitur Fesyen, Desainer: Richard Malone, Rosella May, Billie Jacobina dan Direktur Seni dan kreatif Ekonomi British Council - Adam Pushkin berbicara mengenai industri fesyen yang berkisinambungan di Inggris
empat orang didalam kerangka besi dalam latihan untuk Rosalind
James Cousins Company sedang latihan sebelum pementasan mereka

Festival ini akan terus berlanjut dalam mempersembahkan karya - karya dan hasi kolaborasi lintas seni. Dalam literatur, Neu!Reekie!, dalam seni ruang publik, dalam musik band Kero-Kero Bonito, lalu dalam disain dan teknologi, serangkaian acara dalam Digital Design Weekend, dalam film kami mempersembahkan karya Virtual Reality Notes on Blindness and In My Shoes: Dancing with Myself.

Kalau Anda tidak sempat menghadiri acara kami minggu lalu, pastikan datang ke acara - acara kami yang selanjutnya!

Untuk informasi terbaru silakan ikuti Facebook - British Council Indonesia, Instagram dan Twitter kami @idbritisharts

Artikel dari Media Mengenai UK/ID Festival 2016