©

British Council

Kolaborasi internasional merupakan hal penting untuk kepentingan ekonomi di bidang ilmu pengetahuan, dan peneliti internasional yang saling terhubung cenderung menjadi lebih produktif. Lebih jauh, kesamaan bidang penelitiaan antar para peneliti juga dapat membangun kepercayaan dan hubungan dari berbagai latar belakang dan budaya.

Menyikapi kondisi tersebut, dan dengan memanfaatkan posisinya sebagai organisasi hubungan budaya tingkat internasional dan keahliannya di bidang pendidikan tinggi, British Council meluncurkan prakarsa jaringan peneliti (British Council Researcher Links initiative),  di mana program ini bekerjasama dengan berbagai organisasi penelitian dan perguruan tinggi di seluruh dunia.

Jaringan peneliti terdiri dari beragam lokakarya dan hibah perjalanan untuk para peneliti yang berada di awal karir riset mereka (early career researchers).

Untuk informasi lebih lanjut tentang jaringan peneliti, silakan membuka halaman British Council Researcher Links.

Lokakarya Jaringan Peneliti

British Council membuka kembali pendaftaran proposal lokakarya di bawah inisiatif Jaringan Peneliti. Kami mengundang Pemuka Peneliti (Researcher Leaders) mengajukan tema lokakarya bilaterial untuk diselenggarakan di salah satu dari 18 negara mitra.

Lokakarya ini mempertemukan peneliti-peneliti yang berada di awal karir mereka untuk mendiskusikan riset mereka dan membangun hubungan internasional. Proposal lokakarya yang sukses akan didanai sepenuhnya dan pelamar (yaitu para pemuka peneliti) akan bertanggung jawab penuh dalam menyelenggarakan lokakarya tersebut.

Beberapa negara memiliki wilayah prioritas. Hanya tema-tema yang termasuk dalam wilayah prioritas ini saja yang akan dipertimbangkan. Silakan membaca lebih lanjut pedoman acuan berikut untuk informasi lebih rinci. 

Negara Mitra (2014-2015)

Azerbaijan, Bangladesh, Brazil, Kolombia, Mesir, Indonesia, Kazakhstan, Meksiko, Moroko, Nigeria, Pakistan, Qatar, Russia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Turki dan Vietnam.

Tanggal Penting

Tenggat waktu pendaftaran: 9 Juni 2014

Waktu pelaksanaan untuk lokakarya yang berhasil terpilih antara 1 Oktober 2014 dan 1 Maret 2015.

Kriteria

Pemuka peniliti yang berhak untuk mendaftar (lihat di bawah). Aplikasi harus berdasarkan basis bilateral antara kedua Pemuka peneliti; tidak ada batasan kewarganegaraan, tapi salah satu pendaftar haruslah berbasis di Inggris, dan pendfatar kedua harus berada di salah satu dari negara mitra yang ada di atas. 

Yang dimaksud Pemuka Peneliti adalah di atas R3 dan R4, sebagaimana ditetapkan oleh Komisi Eropa dalam dokumen bertajuk Towards a European Framework for Research Careers

Peserta lokakarya haruslah peneliti awal karir, sebagaimana ditetapkan di bawah, dan harus berada baik di UK atau salah satu negara mitra.

Istilah ‘peneliti awal karir’ mengacu kepada peneliti yang berada di awal karir riset mereka. Kami mengharapkan peneliti awal karir menerima gelar pascasarjana doctor tidak lebih dari 10 tahun sebelum mendaftar untuk berpartisipasi dalam lokakarya tersebut, tetapi alokasi dapat diberikan para peneliti yang sedang jeda karir atau keadaan khusus lainnya.

Jika seorang peneliti tidak memiliki gelar doktor tapi memiliki pengalaman riset setara dengan pemegang gelar doktor dan bekerja di lapangan dimana PhD tidak merupakan sebuah keharusan untuk kegiatan riset yang dilaksanakan, maka orang tersebut masih memenuhi kriteria. 

Cara mendaftar

Sebelum mendaftar silakan unduh dan baca dokumen acuan dan apabila telah siap. 

Apabila Anda menemukan masalah atau ada pertanyaan seputar pendaftaran online, silakan menghubungi uk-researcherlinks@britishcouncil.org

Tautan luar