Indonesia dikenal dunia akan keberagaman produk kerajinannya yang khas. Keterampilan para perajin lokal memberikan nilai tersendiri bagi produk kerajinan Indonesia. British Council dengan bangga memperkenalkan program Crafting Futures di Indonesia yang bertujuan untuk membangun masa depan yang positif bagi sektor kerajinan yang mengedepankan inovasi dalam perkembangan crafts. 

Tentang Riset 

Dengan meningkatnya kesadaran global akan perubahan iklim dan model ekonomi yang konsumtif di dunia pasca-globalisasi, dunia tengah mencari berbagai pendekatan alternatif dimana kerajinan menjadi salah satu sektor penting untuk dieksplorasi. Bagaimana kita menangani keberlanjutan lingkungan, ekonomi, dan budaya menjadi penting untuk menjaga kelestarian kerajinan itu sendiri. Riset ini adalah langkah awal British Council dalam program Crafting Futures yang memiliki fokus pada penggunaan ulang material yang ada dan material baru untuk kemudian dikembangkan dalam sektor kerajinan Indonesia.

Empat provinsi dipilih sebagai studi kasus komparatif yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Hasil dari riset ini akan dijadikan sebagai landasan bagi British Council dalam merencanakan program-program terkait seni kerajinan yang akan datang. Riset dilakukan oleh Budaya Kreatif Foundation dengan tim penasehat dari Institut Teknologi Bandung dan University of Leeds.

Rangkuman hasil riset dapat diunduh pada link di bagian bawah halaman ini.