Rabu 26 June 2013

 

Kementerian Pertahanan Inggris dan British Council bangga dapat bekerjasama dalam kemitraan erat dengan Pusat Perdamaian dan Keamanan Tentara Nasional Indonesia, Program Bantuan Pelatihan Investigasi Kriminal Internasional (ICITAP) Departemen Kehakiman Amerika Serikat, dan Program Bahasa Inggris Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, dalam menyelenggarakan Konferensi Internasional Pertama Pengajaran Bahasa Inggris (English Language Teaching) “Bahasa Inggris untuk Pasukan Berseragam (TNI/Polri)”. Konferensi ini diselenggarakan selama tiga (3) hari, 26-29 Juni 2013, di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul, Bogor.

Tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan memperkuat jejaring domestik para instruktur bahasa Inggris yang bekerja di berbagai sekolah bahasa kepolisian dan militer. Dengan tema, bahasa Inggris sebagai bahasa misi dan keamanan dalam tindakan militer dan kepolisian, konferensi ini akan mengeksplorasi rancangan, pengembangan dan pengajaran materi-materi pelatihan bahasa Inggris untuk pasukan berseragam (TNI/Polri) yang mengabdi di dalam maupun luar negeri.

Sejumlah pakar internasional terkemuka di bidang ini, seperti Wakil Presiden TEFLIN (Teaching English as a Foreign Language in Indonesia) dan mantan direktur Lembaga Bahasa Inggris UI, Sisilia Halimi; spesialis bahasa Inggris dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Charles Hall; dan perwakilan British Council global bahasa Inggris untuk misi perdamaian, akan menjadi pembicara dalam sesi pleno dan berbagi dengan peserta konferensi yang hadir. Peserta konferensi terdiri dari profesional dari seluruh belahan dunia, diantaranya Afganistan, Amerika Serikat, Australia, Ethiopia, Inggris, Korea Selatan, Selandia Baru, Sudan Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Country Director British Council Keith Davies mengatakan, “Inggris berkomitmen untuk meningkatkan keamanan internasional dan kemakmuran, sekaligus menyadari peran kuat yang bahasa Inggris dapat mainkan dalam bidang ini. Pertemuan besar para profesional bahasa Inggris Indonesia dari seluruh Divisi Militer dan Kepolisian dan para pakar dari seluruh dunia menunjukkan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen bersama. Konferensi internasional English for Uniformed Forces merupakan sebuah contoh sebuah hubungan budaya yang bekerja untuk membawa mitra internasional dari sektor yang berbeda-beda untuk manfaat global. Bersama, melalui program gabungan dan kemitraan seperti konferensi global ini, kami dapat bekerja maksimal untuk mengembangkan keterampilan linguistik personel angkatan bersenjata baik yang mengabdi di dalam maupun luar negeri. Meningkatkan keterampilan berbahasa dapat membantu membangun kepercayaan yang lebih besar, kesepahaman, perdamaian dan keamanan di seluruh dunia.”

Wakil Direktur ICITAP Departemen Kehakiman AS Edward Routh mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan British Council, Program Bahasa Inggris Departemen Luar Negeri AS, dan Kementerian Pertahanan RI dalam penyelenggaraan Konferensi Internasional Pertama Bahasa Inggris untuk Pasukan Berseragam (English for Uniformed Forces). Kolaborasi Amerika Serikat dan Inggris telah membawa Militer dan Kepolisian Indonesia dalam lokakarya dan konferensi ini.“

Pimpinan Kerjasama Internasional Kementerian Pertahanan Indonesia, Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Letnan Kolonel Victor George menambahkan, “Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan upaya misi perdamaiannya di seluruh dunia. Kami terbuka untuk bekerja dengan seluruh mitra internasional untuk mengembangkan sebuah pusat yang selanjutnya kami harapkan dapat berfungsi sebagai fasilitas pemeliharaan perdamaian dari seluruh belahan dunia. Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan British Council untuk dapat mengembangkan keterampilan bahasa Inggris dari pasukan pemeliharaan perdamaian dan instruktur yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini.”

Bahasa Inggris untuk Proyek Pemeliharaan Perdamaian (English for Peacekeeping Project) di Indonesia ini berdiri pada bulan November 2012. (Informasi lebih rinci mengenai proyek ini dalam hubungannya dengan Indonesia dapat dilihat di halaman Lembar Fakta). Dikelola oleh British Council dan Program Bahasa Inggris Amerika Serikat, program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan komunikasi pasukan pemelihara perdamaian PBB yang mengabdi di luar. Tujuan program dapat diraih melalui pelatihan bahasa Inggris sebelum pelatihan pra-penugasan dan pengembangan materi pelatihan untuk digunakan di bidang tersebut. 

Proyek Bahasa Inggris untuk Proyek Pemeliharaan Perdamaian akan bekerjasama erat dengan serangkaian pemangku kepentingan (PBB, Komite Internasional Palang Merah (ICRC), PMPP TNI, dll) untuk mengembangkan materi pelatihan keterampilan dan komunikasi bahasa Inggris khusus untuk pasukan pemelihara perdamaian TNI. Tujuan utama peluncuran materi ini kedepannya adalah penyelenggaraan Asosiasi Internasional Tahunan ke-20 dari Pelatihan Pemeliharaan Perdamaian (IAPTC) di Pusat IAPTC di Indonesia pada Juli 2014.

Notes to Editor

Untuk keperluan wawancara dan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Colm Downes
Peacekeeping English Project Manager, British Council
E-mail:  colm.downes@britsihcouncil.or.id

Dewi Suciati
Senior Partnership and Communications Manager. British Council 
E-mail: dewi.suciati@britishcouncil.or.id

About the British Council

British Council menciptakan peluang internasional untuk Inggris dan negara-negara lain dan membangun kepercayaan di seluruh dunia. Kami merupakan sebuah lembaga amal Royal Charter, berdiri sebagai organisasi internasional Inggris untuk kesempatan pendidikan dan hubungan kebudayaan. 

7.000 staf kami di lebih dari 100 negara bekerja dengan ribuan profesional, pembuat kebijakan dan jutaan   kaum muda melalui program Bahasa Inggris, seni, pendidikan dan kemasyarakatan. ¼ pendanaan kami berasal dari dana hibah pemerintah Inggris. Sisanya didapat dari layanan kami kepada para klien yang membayar, melalui kontrak dari pendidikan dan pengembangan, dan dari kemitraan. Informasi lebih lanjut kunjungi situs kami: www.britishcouncil.or.id. Ikuti twitter kami @idBritish dan Facebook kami BritishCouncilIndonesia.