Dengan suasana alam serta budaya yang beragam dan kesempatan untuk bertemu teman dari berbagai belahan dunia, pengalamanmu di Inggris akan mengubah hidupmu. Cari tahu seperti apa rasanya tinggal dan belajar di Inggris dan bersiaplah untuk menikmati pengalaman barumu.

Kawasan Inggris

Britania Raya atau yang dikenal dengan sebutan Inggris (United Kingdom) terdiri dari empat negara – England, Scotland, Wales dan Northern Ireland.

Dari kota yang ramai hingga pegunungan bersaju, perbukitan hijau hingga dataran tinggi dan pulau-pulau, Inggris merupakan negara yang cantik dan kamu harus menikmati keindahannya. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan rute transportasi yang terhubung satu sama lain akan mendukungmu untuk melihat berbagai hal ketika kamu disini.

Kehidupan siswa

Inggris menawarkan kehidupan yang menarik untuk para mahasiswa dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kamu akan menemukan berbagai cara untuk menikmati waktumu, belajar hal-hal baru dan berkenalan dengan teman-teman baru.

Di awal semester, universitas mengadakan ‘Welcome Week’ yang biasa disebut ‘Freshers’ Week’ untuk menyambut mahasiswa baru. Di periode waktu ini, klub-klub dan kelompok mahasiswa akan mengadakan acara dan pesta untuk mendapatkan anggota-anggota baru. Hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi para mahasiswa baru untuk mengetahui kegiatan mahasiswa apa saja yang ada di kampus dan bergabung di klub yang sesuai dengan minat.

Banyak dari instansi pendidikan tinggi yang memberikan banyak pilihan klub dan kelompok mahasiswa untuk berbagai minat. Apabila kamu ingin berdiskusi soal politik, belajar membuat kue, bergabung dengan band atau mencoba scuba diving, kamu pasti akan menemukan kegiatan yang menarik minatmu.

Bertemu teman-teman dengan pemikiran yang serupa dan bersenang-senang, bergabung dengan klub dan kelompok kegiatan mahasiswa lainnya akan memberimu pengalaman berbeda dan keahlian tambahan untuk kamu tulis di CV. Banyak kelompok mahasiswa yang menawarkan kesempatan untuk mengelola acara, mengumpulkan dana untuk amal atau melakukan kegiatan sukarela, yang semuanya akan memberimu tambahan pengalaman yang berguna saat melamar pekerjaan.

Cuaca di Inggris

Inggris sering dikaitkan dengan hujan, namun ini karena cuacanya sulit diprediksi. Hujan tidak turun terus menerus dalam satu musim – Ia bisa datang kapan saja di bulan apapun. Kamu mungkin akan merasakan panasnya matahari, angin dan hujan – semuanya dalam satu hari ketika siang! 

Namun dengan pakaian yang dan pilihan kegiatan yang tepat, kamu bisa menikmati Inggris, bagaimanapun cuacanya. Tidak ada yang lebih baik dari bersantai di pinggir sungai ketika hari cerah, berdansa di tengah tanah berlumpur di festival musik atau ikut dalam perang bola salju.

Membuka pintu untuk seluruh kepercayaan

Meski agama resmi di Inggris adalah kristiani, Inggris memiliki masyarakat dari kepercayaan yang berbeda-beda dimana tiap agama diterima dengan baik.

Di Inggris, tindakan diskriminasi ras, kebangsaan atau agama adalah hal yang melanggar hukum. Kepercayaan tiap anggota masyarakat dihormati dan tiap individu diharapkan melakukan hal yang sama kepada yang lainnya.

Study UK: Discover You

Apakah kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang studi di Inggris? Jika ya, kunjungi Study UK: Discover You – laman resmi British Council tentang studi di Inggris untuk siswa internasional.