International Inspiration menggunakan kekuatan olahraga untuk memperkaya kehidupan jutaan anak dan orang muda dengan berbagai kemampuan di sekolah dan masyarakat di seluruh dunia, khususnya di negara berkembang, melalui kekuatan kualitas tinggi dan pendidikan jasmani, olahraga dan permainan yang inklusif.

Tentang program ini

International Inspiration (II) adalah program warisan resmi dari Olimpiade London 2012, yang bertujuan untuk menginspirasi 12 juta anak di 20 negara untuk memilih dan berpartisipasi dalam olahraga dan bermain untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Program ini merupakan hasil dari kemitraan global antara British Council, UNICEF dan UK Sport, juga didukung oleh Komite Penyelenggara London dari Olimpiade dan Paralimpiade (LOGOC).

International Inspiration di Indonesia

British Council telah bekerja sama dengan UNICEF dan berbagai mitra lokal yang meliputi Kementerian Sosial, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Otoritas Pendidikan Lokal di tingkat provinsi dan organisasi non-pemerintah lainnya.

Program International Inspiration dimulai pada 2010 dan difokuskan pada pendidikan jasmani inklusif dan perubahan perilaku melalui olah raga dan permainan. Melalui program ini juga terjalin kerjasama dengan tema olah raga dan kepemudaan antara sekolah di Inggris dan Indonesia. Beberapa diantaranya adalah:

  • Kegiatan advokasi untuk mempengaruhi perubahan kebijakan agar lebih mendukung Pendidikan Jasmani untuk semua
  • Hubungan sekolah antara Indonesia dan Wales
  • Peningkatan kapasitas bagi para guru dan pekerja sosial
  • Pengembangan kepemimpinan pemuda melalui kegiatan Young Sport Leaders (YSL) untuk anak usia 12-15
  • Kegiatan percontohan menggunakan olahraga dan permainan untuk tujuan perubahan perilaku di kalangan anak jalanan.

Dampak global

Inggris juga terlibat dalam program International Inspiration, dengan 287 sekolah di Inggris terhubung dengan 307 sekolah di negara-negara peserta. Kemitraan ini berfokus pada proyek bersama yang mengangkat prioritas-prioritas di sekolah dengan menggunakan pendidikan jasmani, olah raga, dan permainan sebagai fokus. Kemitraan sekolah dikelola oleh British Council.

Setelah mencapai visi untuk meraih 12 juta anak dan remaja di 20 negara, International Inspiration saat ini memiliki fokus untuk memastikan agar program ini berkelanjutan, meninggalkan warisan yang abadi di negara-negara ini setelah program ini berakhir di tahun 2014.

Inspirasi Internasional mengubah kehidupan anak muda di 20 negara: Azerbaijan, Bangladesh, Brasil, Ethiopia, Mesir, Ghana, Yordania, India, Indonesia, Malaysia, Mozambik, Nigeria, Palau, Pakistan, Afrika Selatan, Tanzania, Trinidad dan Tobago, Turki, Uganda, dan Zambia.

Dampak di Indonesia

  • 29 pembuat kebijakan terlibat dan 4 perubahan/pengaruh kebijakan.
  • Total 3.123 guru, praktisi, dan pemimpin muda mendapat pelatihan.
  • Ada sekitar 25 Master Trainer di Jakarta Barat, Subang, Pasuruan, Bone, Papua, dan Papua Barat yang berperan sebagai orang-orang teknis Indonesia di dalam negeri untuk pendidikan jasmani dan olahraga.
  • 10 sekolah menengah dan 10 sekolah dasar di 3 daerah terhubung dengan 10 sekolah menengah dan 10 sekolah dasar di Wales, Inggris.

Tautan luar