Date
Sabtu 15 December 2018 to Kamis 20 December 2018

Civil Society Organisations (CSO) seringkali bergantung pada dukungan dari donor (dana hibah) atau donasi sebagai sumber utama pendapatan mereka. Di sisi lain, banyak dari sumber-sumber dana ini yang disalurkan ke Indonesia mulai menurun. CSO harus mencari solusi bagaimana cara untuk dapat menjadi organisasi yang berkelanjutan.

Sejak 2013, British Council telah memulai serangkaian lokakarya untuk berdiskusi dengan banyak CSO tentang bagaimana bertransformasi menjadi usaha sosial sebagai salah satu alternatif solusi bagi CSO untuk tetap bisa berjalan secara berkelanjutan.

Selain itu, selama sembilan tahun terakhir, British Council telah memberikan program pelatihan kepemimpinan sosial bernama Active Citizens, yang mempromosikan dialog antar budaya dan pengembangan sosial berbasis masyarakat. Berdasarkan program ini, British Council bekerja sama dengan Sosial Enterprise Academy, mengembangkan program serupa yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendukung usaha sosial, yang dinamakan Active Citizens Social Enterprise.

British Council Indonesia telah menjalankan Active Citizens Social Enterprise (ACSE) sejak Oktober 2015 untuk membantu dan mendukung pemimpin usaha sosial menciptakan dampak sosial, lingkungan dan budaya yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Sehubungan dengan hal itu, British Council akan mengadakan Lokakarya Active Citizens Social Enteprise untuk CSO pada tanggal 15-20 Desember 2018 di Jakarta.

Tujuan Pelatihan

  1. Meningkatkan pemahaman mengenai prinsip-prinsip utama dari Kewirausahaan Sosial dan perannya dalam pembangunan masyarakat secara berkelanjutan.
  2. Meningkatkan pemahaman elemen utama dari wirausaha sosial yang berkelanjutan.
  3. Meningkatkan pemahaman mengenai tantangan yang dihadapi wirausaha sosial serta bagaimana merespon tantangan tersebut.
  4. Memperkuat kapasitas untuk berkomunikasi dan membangun hubungan yang kuat dengan yang lain; membangun tim dan memanfaatkan keragaman dan perbedaan untuk mengembangkan usaha sosial mereka.
  5. Meningkatkan kapasitas mereka untuk bersinergi, terlibat dan berkoordinasi antara organisasi mereka di komunitas lokal.
  6. Memahami kewirausahaan sosial sebagai opsi untuk keberlanjutan organisasi dalam mencapai misi sosial mereka dan bisa menerapkan konsep kewirausahaan sosial untuk memastikan organisasi berkelanjutan.

Peserta

Pelatihan ini ditujukan untuk Civil Society Organisation (CSO) yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Tertarik dengan kewirausahaan sosial dan memiliki rencana bagaimana usaha sosial dapat menjadi salah satu pendekatan untuk meningkatkan kinerja CSO.
  2. Memiliki komitmen tinggi bersama dengan organisasi/institusi masing-masing untuk menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan sosial dalam organisasi, meneruskan materi lokakarya ini ke masyarakat setelah pelatihan selesai, bersama-sama dengan British Council.
  3. Perwakilan CSO yang berpartisipasi dalam lokakarya adalah pengambil keputusan (contoh direktur, staf senior atau dewan). Setiap CSO dapat mengirimkan maksimal satu orang perwakilan.

Pendaftaran

Karena keterbatasan tempat dan agar pelatihan berjalan efektif, peserta akan diseleksi maksimal untuk 30 peserta. Silakan mengunduh formulir di bawah ini dan mengirimkannya ke society.indonesia@britishcouncil.org sebelum 3 Desember 2018 pukul 06:00 WIB.

British Council hanya akan menghubungi peserta yang terpilih selambat-lambatnya 7 Desember 2018.

Catatan

  1. British Council akan memilih peserta berdasarkan pertimbangan British Council, formulir aplikasi dan ketersediaan kursi pada saat lokakarya.
  2. British Council akan menyeleksi maksimal 30 peserta untuk mengikuti pelatihan ini.
  3. British Council tidak menyediakan fasilitas transportasi (pesawat, kereta atau kendaraan, dll) menuju dan dari Jakarta, lokasi lokakarya.