Organisasi di Inggris dan luar Inggris akan bekerja sama melalui DICE untuk mengembangkan dan menjalankan aksi inovatif yang akan membantu mengembangkan kewirausahaan sosial dan kreatif di Inggris dan lima negara ekonomi baru. Kerja sama ini akan memberdayakan wanita dan perempuan, mengembangkan lapangan kerja untuk anak muda, atau pun mendukung penyandang disabilitas atau kaum termarjinalkan lainnya. © Courtesy: connect za project

Developing Inclusive and Creative Economies (DICE) adalah program ambisius untuk mendukung pengembangan kewirausahaan kreatif dan kewirausahaan sosial antara Inggris dan negara yang masuk dalam lima ekonomi baru: Brasil, Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Afrika Selatan. 

DICE menggunakan pendekatan inovatif dan lintas sektoral dengan membawa keahlian Inggris di bidang ekonomi kreatif dan ekonomi sosial untuk mendukung perkembangan yang inklusif dari Tujuan Pembangunan Bekelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs)

DICE berjalan pada tingkat kebijakan, institusi, dan individu. DICE mendukung kolaborasi yang dirancang dan dijalankan bersama antara kewirausahaan di Inggris dengan organisasi pendukung seperti impact hubs, accelerators, dan universitas yang ada di sana untuk kemudian menjalin kerja sama dengan mitra di ke lima negara di atas.

Melalui DICE, kami mengajak pembuat kebijakan dan mereka yang berpengaruh untuk membantu mengidentifikasi hambatan-hambatan yang ada dan mendukung kebijakan, strategi, dan pendanaan yang dapat membantu kewirausahaan sosial dan kewirausahaan kreatif untuk tumbuh dan berkembang.

Penelitian

Program ini berjalan berdasarkan penelitian di bidang ekonomi sosial dan kreatif yang dilakukan di masing-masing negara. Survei yang dilakukan akan membantu pemahaman kita tentang kontribusi yang diberikan oleh sektor ekonomi sosial dan ekonomi kreatif pada pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Termasuk di dalamnya tantangan dan kesempatan yang ada. 

Kami juga akan membuat laporan tentang kewirausahaan sosial dan kewirausahaan kreatif Inggris yang beroperasi di negara-negara ekonomi baru. Ini akan mengidentifikasi halangan dan kesempatan bagi kewirausahaan-kewirausahaan tersebut untuk beroperasi pada tingkat internasional, sekaligus mendukung mereka untuk mengekspor, franchise, atau beroperasi di luar negeri.

DICE Fund

Di samping dari apa yang telah disampaikan di atas, kami juga menyediakan DICE Fund di mana kami memberikan dua jenis pendanaan yang memungkinkan perantara dan kewirausahaan sosial/kreatif di Inggris untuk berkolaborasi dengan organisasi sejenis di negara mitra. Pendanaan yang diberikan akan fokus pada pengembangan kewirausahaan kreatif dan sosial serta prakarsa yang dirancang untuk pemberdayaan wanita dan anak perempuan, pengembangan lapangan kerja untuk anak muda, serta dukungan untuk penyandang disabilitas dan grup termarjinalkan lainnya.

Program ini dikelola oleh unit tim Arts dan Society British Council yang dinamis dengan membawa keahlian dari program-program pelopor yang dimiliki British Council untuk mengatasi berbagai tantangan global.

Tentang DICE Fund

British Council menyediakan dana 2 juta Poundstrerling bagi organisasi-organisasi Inggris yang memenuhi syarat dan bekerja sama dengan mitra di negara-negara DICE untuk mengembangkan kewirausahaan kreatif dan kewirausahaan sosial. 

Ada dua jenis pendanaan yang disediakan

1. Scoping and Business Development Grant

Terhitung dari 3 April 2018 British Council akan memilih aplikasi dari berbagai organisasi di Inggris untuk mendapatkan Scoping and Business Development grants di mana setiap aplikasi yang disetujui mendapatkan masing-masing £3,000-5,000.  Batas pengiriman aplikasi adalah 1 Juni dan hasilnya akan diumumkan di minggu sejak tanggal 18 Juni.

Organisasi Inggris penerima dana akan melakukan kunjungan ke salah satu dari lima negara DICE (Brasil, Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Afrika Selatan) untuk melihat peluang dan membangun kemitraan dengan organisasi lokal yang memiliki minat dan kecocokan yang sesuai. Dua kunjungan akan di organisir oleh setiap negara DICE yang akan dilakukan pada minggu di musim panas dan musim gugur 2018. Mereka yang terpilih akan diundang untuk ikut pada salah satu kunjungan ini.  

Scoping and Business Development grant juga mendukung mitra dari Inggris dan luar negeri untuk mengembangkan sebuah prakarsa untuk memperkuat masing-masing kewirausahaan dan juga ekologi kewirausahaan sosial dan kreatif secara umum di negaranya masing-masing.

Pendaftar dari Inggris bisa memilih negara mana yang mereka ingin kunjungi namun mereka hanya bisa berkunjung ke satu dari lima negara DICE.

2. Collaboration Grant

Collaboration Grant akan diberikan kepada organisasi di Brasil, Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Afrika Selatan yang berkolaborasi dengan organisasi di Inggris untuk menjalankan kerja sama yang mereka kembangkan bersama.

Kerja sama ini akan memperkuat kewirausahaan kreatif dan sosial yang ada di masing-masing negara dan fokus pada pemberdayaan wanita dan perempuan, pengembangan lapangan kerja untuk anak muda, serta dukungan untuk penyandang disabilitas dan grup termarjinalkan lainnya.

Dari 1 September akan membuka aplikasi untuk Collaboration Grant. Akan ada dua pembukaan untuk Collaboration Grant ini.

Pembukaan pertama di tutup pada 16 November dan diumumkan di minggu dari tanggal 10 Desember.

Pembukaan kedua di tutup pada 8 Februari 2019 dan diumumkan di minggu dari tanggal 25 Februari 2019.

Kesempatan untuk pendanaan ini terbuka bagi organisasi yang berada di lima negara DICE dan ingin mengembangkan program 12-bulan dengan organisasi di Inggris. Aplikasi harus dikembangkan, ditulis, dan dikirimkan oleh kedua belah pihak, di mana salah satunya harus berada di Inggris dan lainnya berada di salah satu negara DICE. Organisasi Inggris yang tidak mendapatkan Scoping and Business Development Grant tetap bisa mengajukan diri untuk ikut dalam Collaboration Grant.

Keseluruhan, ada 20 Collaboration Grant yang mencapai nilai £25,000 dan lima sisanya mencapai £50,000 dan akan diberikan dalam dua tahap.

Cakupan

Mohon diperhatikan bahwa DICE Fund adalah salah satu komponen program DICE. Penerima dana tidak diharapkan untuk mengembangkan kerja sama yang menargetkan pembuat kebijakan atau pun mendorong pembuatan perundangan. Tapi lebih pada tingkat institusi (seperti universitas dan sektor pendukung lainnya) atau kewirausahaan.